Music vs Digital Marketing

Dunia digital (penetrasi internet) di Indonesia cukup menjanjikan buat berbagai industri. Termasuk juga di Industri musik Indonesia. Perkembangan dunia digital menghadirkan banyak sekali channel-channel marketing yang bisa di manfaatkan. Tapi jangan kemudian latah untuk menggunakan semua channel dengan harapan menjaring banyak fans.

sumber : http://www.smartinsights.com/managing-digital-marketing/marketing-innovation/digital-marketing-trends-2013/
Kalau kamu masih bingung, mungkin beberapa tips ini bisa membantu :

1. Kenali Target Market.
Setiap jenis musik punya target marketnya sendiri. Kenali betul target marketnya seperti apa. Di situs mana mereka suka berlama-lama browsing, Social medianya apa dan banyak hal tentang target marketnya sendiri. Gimana cara dapetinnya? banyak cara untuk cari tahu! kamu juga perlu browsing. Banyak data yang di bagikan gratis di internet yang bisa kamu gunakan sebagai pegangan.

2. Pilih Platform/Media yang sesuai.
Channel/media di digital itu banyak banget, kalo mau di ikutin sama aja kamu harus lari marathin tapi gak ada garis finishnya. Setelah kamu tahu siapa market buat musik kamu dan kebiasannya, nah pilih media yang benar-benar tepat. Misalkan, target kamu suka dan hanya maen facebook tapi kamu gencar promo di path atau twitter? gak nyambung kan?

3. Pelajari Digital Marketing dengan benar.
Klise sih, tapi bener loh. Berpromosi di dunia digital kelihatannya aja gratis dan gampang, padahal gak banget! Kamu harus tahu kapan waktu terbaik buat posting sesuatu, bagaimana membangun conversation dengan followers, tahu bagaimana merespon isue negatif dan sebagianya dan sebagainya...nah ternyata gak mudah kan?

4. Mungkin kamu perlu partner.
Kalau kamu udah super sibuk dengan Jadwal atau apapun itu tapi masih mengganggap bahwa ber-promo di digital itu penting, cari partner yang tepat. Partner bisa macam-macam. Teman atau bahkan Agency sekalipun bisa dijadikan partner. Yang pasti kamu harus tahu seberapa terpercaya mereka dan yakin dengan kemampuan mereka di dunia digital.

5. Evaluasi
Ini penting banget! bagaimana kita tahu promo kita berhasil atau tidak kalau tidak dengan evaluasi? Banyak banget tools gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk meng-evaluasi digital marketing kamu.

Mungkin kamu sudah melakukan semua hal di atas, tapi kok belum sukses ya? Intinya terus belajar, dan mengevaluasi. Justru karena gagal, kamu jadi tahu mana yang harus diperbaiki kan?

Selamat mencoba

by : Admin

1 comments:

  1. menurut saya media digital marketing yang paling tertarget untuk saat ini adalah facebook ads :D

    ReplyDelete

 

Labels

Like Disini Ya

Like di FB : Seven Music
There was an error in this gadget