Polarity Patern Mic



Polarity Pattren mic mungkin boleh kita sebut sebagai arah penangkapan microphone, karena ini menunjuk pada sebrapa besar kemampuan mic menangkap suara yang datang dari sudut yang berbeda.
Secara garis besar ada 3 jenis Polarity Pattren dalam microphone:
1. Omnidirectional









Pada mic yang memiliki jenis polar pattern ini , dapat menangkap semua arah disekeliling mic dengan sangat baik. Mic dengan polar pattern digunakan pada situasi dimana kita akan merekam suara tidak hanya dari sumber suara tapi juga “room” atau ambience dari sumber suara tersebut. Mic ini biasa kita lihat kegunaannya di sepasang mic untuk merekam drums overhead dan satu grup instrument akustik seperti orkestra. Mic berjenis ini  tidak umum digunakan untuk kebutuhan miking yang dekat dengan sumber suara, karena mic ini akan menangkap sangat banyak noise di sekitar suara Gambar di samping adalah pola penangkapan suara dari jenis mic Omnidirectional.

2.   Cardioid









Mic yang memiliki pollarity pattern ini hanya menangkap suara dari arah depan mic tersebut dan mengabaikan suara yang datang dari sisi belakangnya. Mic dengan pollarity pattern ini adalah yang paling sering digunakan dalam merekam live band karena akan lebih mudah mengkontrol suara yang akan ditangkap oleh mic tersebut. Jika kita menggunakan cardioid mic pada tom tom drum, mic tersebut hanya akan menangkap suara dari drum itu dan mengabaikan suara instrument lain di sekitarnya.
Mic dengan pollarity pattren cardioid akan memproduksi lebih banyak bass ketika di dekatkan pada sumber suara, efek ini yang sering disebut sebagai “ Proximity effect”
Dapat dirumuskan secara sederhana sebagai semaikn dekat mic ke sumber suara , semakin besar suara bass yang yang mereka tangkap. Beberapa Mic jenis ini memiliki “switch” yang membuat kita bisa membuang tambahan bas yang mungkin ada saat mic lebih dekat ke sumber suara. Hal tersebut (proximity effect )tidak terjadi pada mic dengan pollarity pattern omnidirectional atau figure 8.

3. Figure 8











Figure 8 atau juga biasa disebut sebagai omnidirectional , menangkap sound dari bagian depan dan belakang mic tapi tidak dari semua sisi di sekeliling nya.( Lihat gambar disamping) Mic ini sering digunakan untuk merekam 2 instrument secara bersamaan (instrument yang sama) seperti merekan 2 pemain trompet berhadapan pada dua sisi micnya.  Rata rata mic dengan pollarity pattren figure 8 mempunyai frequensi yang sama di setiap sisinya. 

Multi Pattren Mic





Multi Pattren mic adalah mic condensor yang dapat dirubah pattrennya menjadi beberapa dengan tombol  “switch” yang ada (lihat gambar disamping). Sehingga memungkinkan kita untuk memilih salah satu dari cardioid, omnidirectional dan Figure 8. Mic  jenis ini dapat dirubah pattrennya karena pada umum nya mereka memiliki 2 set diafragma dan backplates yang di pasang saling membelakangi.  Sebagai catatan Omnidirectional pattren pada multipattren mic bekerja dan menghasilkan suara yang berbeda dari mic yang benar benar omnidirectional.


0 comments:

Post a Comment

 

Labels

Like Disini Ya

Like di FB : Seven Music
There was an error in this gadget