Yamaha XS7, Eksotika Teknologi Workstation


Kelas workstation dan synthesizer sampai saat ini Yamaha punya yang terbaik, beberapa tahun terakhir seri Yamaha Motif termasuk menjadi petarung workstation antar produsen didunia, tak jarang sebutan ‘Best of the best’ pun mengalir dari para pecinta ‘papan kunci’ ini.

Untuk edisi kali ini yang akan kita ‘keruk’ adalah workstation yang pernah menjadi terlaris milik Yamaha yang diberi label Motif XS7 setelah berhasil ditahun 2003 meluncurkan Motif ES seri. untuk diketahui bahwa Yamaha punya beberapa seri andalannya diantaranya Yamaha MO series, Yamaha ES series dan sekarang Yamaha XS series malahan saat ini  membesut Yamah XF Series. Dikelasnya, keyboard ini memang salah satu yang merajai pasar, sebut saja rivalnya yaitu keluaran dari Roland yang diberi nama Fantom X7, keduanya berlomba dalam berteknologi, sekarang kita mulai penjelajahan si Motif XS7.

http://www.stevesrants.co.uk/yamahaxs7/images/Yamaha_MOTIF_XS7.gif
Overview
Keyboard ini mempunyai knob, sliders dan layar berwarna yang besar pada bagian tengah. Yamaha merancang keyboard ini berdasarkan pada teknologi terbarunya serta mengorganized panel-panel antara teknologi dan bentuknya yang trend, untuk melengkapi kecanggihan teknologinya kita dapat melihat sisi kiri ada 8 knob, 8 sliders, effect, squencer, arpeggiator control, sementara di bagian kana nada sound bank category, tombol navigasi, serta tak ketinggalan diikut sertakan bermacam mode system yang dapat dikolaborasikan seperti Voice, Perform, Song, Pattern, Utility, Master, Mixing, File dan Sampling modes, berfungsi misalkan gunakan Voice mode, jika kamu ingin bermain single, tapi jika kamu akan bermain 2 suara berbeda dalam satu waktu kamu dapat menggunakan split atau kamu ingin bermain layer, kamu dapat gunakan Perform mode, dan jika kamu akan bermain menggunakan squencer atau musik elektroniknya dapat mengaktifkan Song mode. Pada Voice Sound terdapat : Piano, keyboard, organ, guitar, bass, strings, bass, synt lead, chorus, syn comp, percussion, drum sfx, ethnic, musical sfx. Ada pula category search berikut 8 button sub category. Lalu dibawahnya terdapat 16 button track arpeggio dan part untuk membuat tracking lagu pada keyboard ini yang langsung terkoneksi dengan computer dengan menggunakan Cubase AI, setelah kita membuat tracking pada fitur track kita dapat juga melakukan penyimpanan tracking.

Fitur Sound dan Sound control
Pertama kali mata kita tertuju pada control system pada bagian kiri, sebutlah disana kita bisa mengkontrol sound berupa cut-off, resonance, attack, sustain, decay, dilain sisi knob ini juga bisa dijadikan effect dan equalizer. Yang tak terlupakan adalah bagian touching keysnya yang mempunyai teknologi responsive atau control power pada jari-jari kita dalam menekan. Tidak ketinggalan XS7 ini fitur Sensitive ribbon controller, pitch dan modulation wheels yang berfungsi salah satunya untuk mengkontrol voicing notnya agar memudahkan kita daam berakselerasi not per not, lalu kita lihat ada 2 function button masing-masing berfungsi sebagai koneksi ke footswitch serta foot-controllers, yang memudahkan kita menggunakan mod, pitch dan ribbon controller tadi agar lebih flexibel ketika kita menggunakannya secara satu waktu.

Didukung oleh  6000 arpeggio dan 256 user arpeggio yang dapat direkam langsung berikut dengan pattern-pattern lagu yang kita buat,untuk sekedar informasi arpeggiator adalah satu pattern lagu sampling, sedang arpegionya sendiri bermakna pemakaian not atau chord yang dimainkan lebih dari 1 kesempatan. Sebagai contoh untuk penggunaan secara split atau pun layer voicing, lalu setiap arpeggiator pattern dapat kita jadikan accompliment atau berupa song.

Untuk segi sound kita tahu bahwa Yamaha memang mempunyai voicing piano yang hebat, pada Motif XS7 ini suara low dan highnya sangat sempurna, pendukung voice nya ada 8 elemen yang didalamnya termasuk key samplingnya, soundnya juga dapat dimainkan secara bermacam-macam setting dengan membuka tutup bagian knob-knobnya dan 8 fader volume controlnya, membuat karakteristik soundnya dapat bermacam-macam, sebagai contoh kami mencoba default programnya berupa voice concert, sebutlah voice romantic piano yang amat sangat hangat dan ekspresif yang dilayer (paduan) dengan string lalu ditancapkan fitur tambahan berupa sustainer yang hasilnya bisa disebut ‘amazing’, dengan tidak lupa memainkan (buka-tutup) sustain . salah satu favorit saya adalah suara piano tahun 60an nya, wah…keren banget, sound vintage nya terasa jika kita benar-benar bernuansa di tahun 60an. Begitu pula dengan sound piano bluesnya, mantab sekali!!!, selain itu kami coba mensetting suara gitar Barcelona nya yang terinspirasi dengan rhythm-rhythm flamenco, soundnya sangat perfect dengan aslinya. Lalu beralih lagi ke Organ sound, kami mencoba voice organ classic, hasilnya juga memuaskan lalu seketika itu membuka tutup knob, hasilnya crunchy sound bangeeet!!! Voice dapat di control melalui 8 knob itu.

Tones-tonesnya menghasilkan generator-generator aktif, masing-masing voice dapat kita rasakan soul dan feelnya, arpeggiatornya pula membuat kita berkreatif mengimajinasikan serta mengeksperimenkan musik-musik buatan kita. Ketebalan suara khas Yamaha tetap dipertahankan pada workstation ini.

Fitur lainnya
Untuk fitur lainnya, pada bagian recording systemnya kita dapat merekam suara kita plus
Sampling yang sudah ada pada bawaan workstation ini, atau malahan dapat merekam suara kita menggunakan microphone dengan effect vocoder dimana effect voice recording ini dapat membuat suara kita menjadi seperti robot, Yamaha menamakannya “robot voice” dan dapat dikolaborasikan semuanya menggunakan recording fiture melalui sequencer, sampling voice ini dapat digunakan dalam software yang sudah tertanam pada Motif XS7, keyboard ini juga dapat langsung berintegrasi dengan Cubase AI software, dengan berbagai macam effect yang dapat digunakan.

Playability
Motif XS7 ini mempunyai 76 tuts atau keys dan 5 oktaf semuanya setting touch responsive feel touchnya nyaman ditekan, sehingga mood yang dihasilkan juga merasa baik. Untuk setting panggungnya maupun untuk recording studio juga tidak kalah hebat dari keyboard-keyboard sejenisnya,

Balutan display LCD berwarnanya membuat tambah menarik, serta kemudahan penggunaannya juga menambah kelebihan dari Yamaha Motif XS 7 ini. Button-buttonnya yang serba ada membuat makin maksimalnya kita dalam menggunakan keyboard ini, Yamaha memang memberi kemudahan untuk penggunanya dalam performa.  

Kesimpulan
Saat ini merupakan salah satu Best keyboard workstation!!!...keyboard ini termasuk yang terbaik dikelasnya saat ini, gayanya yang futuristik membuat Motif XS 7 secara disain tak kalah menarik, sound-soundnya yang dahsyat serta teknologinya yang hebat, warna silver dengan paduan biru dongkernya membuat kokoh si synthesizer. Knob-knob, button serta slider disainnya memberi kemudahan pada musisi untuk berakselerasi, dan memudahkan setting apapun yang kita mau sebagai wujud kita dalam bermusik yang eksperimen dengan berbagai macam jenis musik. Jika ditanya ‘apa kelemahannya?’ kami sulit menjawabnya karena keyboard ini nyaris tak punya kekurangan. Lagi-lagi Yamaha harus diacungin jempol dengan keluarnya workstation ini terutama untuk pasar di Indonesia, untuk para musisi , producer musik, penulis lagu, composer sekalipun, bahkan studio rekaman kami merekomendasikan workstation ini, karena apa yang dicari kalian semuanya ada disini. (Angga)

0 comments:

Post a Comment

 

Labels

Like Disini Ya

Like di FB : Seven Music
There was an error in this gadget