Direct Selling Yuk!


Saat kamu sudah memutuskan masuk ke dalam Industri musik - sekarang - maka ada satu istilah yang wajib kamu terapkan. KREATIF! ya kreatiflah yang akan membuat kamu bertahan di Industri Musik Indonesia yang terkadang suka berpihak ini.

Salah satunya adalah kreatif dalam hal menjual karya fisik alias CD. Saat di label pun (itu kalo sudah di label ya) tidak bisa mengandalkan sepenuhnya. Faktanya sederhana, penjualan CD mengalami penurunan sejak Internet menggila dan RBT menjadi primadona. Bahkan beberapa toko-toko CD pun gulung tikar.

Tapi menurut sebagian orang apalah artinya band kalau belum ada bentuk fisiknya (CD). Suka atau tidak suka doktrin itu sudah melekat di kepala penikmat musik Indonesia. Lalu kalau penjualan CD sudah menurun apakah tidak ada celah menjual karya fisik ini?

"Jual langsung saja!' begitu kata temen saya yang juga kebetulan punya band yang cukup punya komunitas di Jogja sana. Jual langsung atau bahasa kerennya direct selling ini setelah di lirik-lirik bisa jadi senjata ampuh buat jualan CD.

Entah karena pertemanan atau memang materinya bagus, penjualan CD secara langsung punya peluang yang cukup besar. Ya cara ini memang lebih akrab dengan band-band atau musisi DIY (Do It Yourself). Tapi tidak haram untuk di terapkan di band manapun.

Dunia digital yang semakin maju juga memberikan kesempatan menjual CD secara langsung kepada fans. Tapi perlu di inget ya, bahkan menjual CD secara langsung pun membutuhkan konsentrasi dan perhatian lebih. Meski cuma di jual secara online pun tetap perlu monitoring yang baik.

1. Menjual di Panggung Off air

Cara ini lumayan mendongkrak penjualan lho. Salah satu yang berhasil menjual secara langsung di kala panggung adalah Endah n Resa, BLP (Barry Likumahuwa Project) dan Rocket Rockers. Bahkan dengan melihat moment yang pas, BLP mampu menjual hingga angka 1000 CD dalam waktu 1 hari saja di saat manggung.

2. Online Store

Facebook dan Twitter sekarang jadi channel yang cukup ampuh untuk menjual CD. Tentu saja dengan menyediakan tenaga khusus yang memantau permintaan dan stock CD yang tersedia. Atau kalo mau lebih fokus lagi buatlah web/blog yang khusus menjual barang-barang band kalian (seperti merchandise,CD dll)

Nah peluangnya sudah terllihat, jadi kenapa tidak menjual secara langsung?

(Agung)
sumber gambar : empowerkit

4 comments:

  1. saya senang berkunjung ke web ini, semoga selalu memberikan informasi yang bermanfaat. salam hangat dan salam kenal dari Bibit Durian Bawor

    ReplyDelete
  2. saya senang berkunjung ke web ini, semoga selalu memberikan informasi yang bermanfaat. salam hangat dan salam kenal dari Durian Bawor Banyumas

    ReplyDelete
  3. saya senang berkunjung ke web ini, semoga selalu memberikan informasi yang bermanfaat. salam hangat dan salam kenal dari Bibit Durian Unggul

    ReplyDelete

 

Labels

Like Disini Ya

Like di FB : Seven Music
There was an error in this gadget