THE POWER OF AD-FUNDED MUSIC


Gratisan tentu favorit banyak orang. Tetapi  musisi kan perlu menjaga dapur tetap ngebul. Music powered by Ads mungkin yang paling tepat!
Baru-baru ini Nielsen merilis sebuah survey yang menunjukkan bahwa kebanyakan orang menerima untuk melihat tayangan iklan di aplikasi yang sedang digunakannya asalkan aplikasi tersebut didapat secara gratis. Musik adalah termasuk dari tiga kategori teratas yang boleh beriklan asal gratis. Urutan pertama adalah aplikasi yang termasuk dalam kategori Games dan yang kedua adalah Social Networking. Sekitar 18% responden mengaku mengkonsumsi aplikasi musik gratisan dan merasa nyaman meskipun mereka harus melihat iklan ketika menggunakan aplikasi tersebut. Adanya pengiklan di aplikasi ini yang membuat mereka dapat menggunakan aplikasi secara gratis. Sebagai developer pembuat aplikasi pastinya telah bekerjasama kepada pemilik konten secara resmi untuk bersama berbagi hasil atas pendapatan iklan.
Gue pernah mendengar konsep Ad-Funded music ini dari Yoris Sebastian dalam satu event sharing bertajuk [ins-ide] Inspirasi dan ide. Yaitu artis tetap bisa menghasilkan karya bagus dengan dibantu iklan tanpa pusing memikirkan kelangsungan hidup. Sedikit mirip endorsement tetapi tidak langsung. Karena artis tidak diwajibkan untuk mempromosikan produk yang diiklankan. Pengiklan butuh audiens untuk dikonversikan menjadi customer yang mana akan didapat dari music fans si artis. Sebuah konsep kerjasama mutualisme dan saling menguntungkan.Popmaya.com adalah satu yang digadang-gadang mampu sukes mengusung konsep ini sejak 2008.
Kembali lagi ke music apps. Musisi dapat bekerjasama dengan para developer untuk membuat ‘killer-apps’ yang biaya developmentnya bisa disponsori oleh pengiklan. Atau jika ada kemampuan membuat aplikasi sendiri, musisi dapat bekerjasa dengan Ads Agregator semacam Buzzcity atauAdmob. Untuk pemilihan platform bisa berbagai macam dari Symbian, Java, Android, iOS ataupun Bada. Namun kalau ingin yang efektif dan targetnya massal, bisa mencontek dari tabel disamping yang menunjukkan ponsel apa yang paling banyak digunakan dan memunculkan iklan.
Masih banyak jalan ke Roma untuk musisi agar bisa menggantungkan hidup dari bermusik. Teruslah kreatif!
sumber : widi asmoro

0 comments:

Post a Comment

 

Labels

Like Disini Ya

Like di FB : Seven Music
There was an error in this gadget