FENDER TELECASTER AERODYNE,Telecaster yang bukan Telecaster?


Salah satu produsen gitar Fender merupakan salah satu produsen gitar terkemuka yang ada di dunia. Mutu dari produk yang dihasilkan sudah tidak diragukan lagi. Tercatat series legenda yang dihasilkan seperti Stratocaster dan Telecaster menjadi impian dari setiap guitarist untuk memilikinya. Playability dan sound dari fender tidak perlu diragukan lagi. Satu saja yang banyak dikeluhkan oleh para guitarist tentang Fender: modelnya kuno dan membosankan. Series Fender yang lain seperti Jaguar juga tidak menunjukan perubahan yang radikal.

Hal ini membuat para eksekutif di Fender berpikir untuk melakukan perubahan, maka di keluarkan series showmaster dengan memperlihatkan bentuk dan sound yang beda dari seri Fender yang tradisional. Hasilnya tidak mengecewakan. Keberhasilan dari showmaster series membuat Fender ingin melakukan hal serupa kepada seri legenda mereka yang lain (melakukan modifikasi).

Fender Aerodyne Telecaster merupakan salah satu contoh. Gitar ini membuat setiap guitarist tertarik untuk mencobanya. Bentuk bodynya masih seperti telecaster yang lain tetapi warna dan pernik-pernik, dan soundnya, definitely bukan telecaster!!




Features
Memiliki body yang terbuat dari kayu basswood berwarna hitam dan memiliki list berwarna putih dipinggir body, membuat gitar ini menjadi sangat manis bentuknya. Sementara necknya terbuat dari kayu maple, dan kayu rosewood untuk finger board, 22 medium jumbo fret. Perfect!! Black and Beauty. Siapapun yang pernah bilang telecaster bentuknya membosankan harus menarik kembali perkataannya.

Memiliki 2 buah pick up, satu buah soap bar pick up di bridge (jarang sekali fender menggunakan soap bar pick up) dan single-coil pickup di bridge. Perpaduan ini membuat sound guitar ini menjadi sangat unik. Untuk mengatur penggunaan pick up, digunakan three-way selector. Sementara untuk bridge digunakan six-saddle hard-tail bridge ala telecaster.
Kalau kita lihat secara keseluruhan gitar ini merupakan gabungan dari style fender yang classic dengan desain baru yang lebih innovative.

Playability
Fender-lah no comment! Kalau eloe pecinta Ibanez, 80's rock guitar Jackson, kremer, dkk yang menggunakan neck pipih, rasanya agak kurang cocok dengan guitar ini. Tetapi pecinta Fender dengan neck gemuknya yang khas pasti suka.



Sound
Ini yang agak unik, para pecinta fender tradisional pasti merasa ada yang berbeda di guitar ini. Soap bar pick up di bridge membuat soundnya menjadi lebih tebal dibanding telecaster tradisional tetapi single coil pick up di bridge membuat nuasa twangky sound ala Fender tidak hilang. Dengan kata lain bright sound telecaster yang terkenal masih bisa kita dapat tetapi ada bonus dari soap bar yang membuat kita dapat memainkan sound yang sedikit berat.


Secara garis besar gitar ini direkomendasikan bagi para pecinta Fender yang ingin mendapatkan nuansa yang berbeda dari telecaster. Layak buat dikoleksi, berita terakhir yang beredar dari gitar ini, bahwa tipe ini akan discontinued karena masalah copyright.

Bagi para guitarist yang suka bermain agak heavy aerodyne could be use for your main axe. Untuk memainkan clean sound Aerodyne masih belum hilang kesaktiannya. Tapi mesti diingat bagi para humbucker lover walaupun telah menggunakan soap bar di bridge, tone humbucker tetap tidak bisa didapat. Tetapi sekali lagi ini masalah selera. Skala 1-10 kami berani berikan Fender Aerodyne 9. Keep on Rockin'!!!!!! (angga)

1 comments:

 

Labels

Like Disini Ya

Like di FB : Seven Music
There was an error in this gadget