Kalo RBT/NSP sudah tidak ada lagi, lalu??

ada yang menganggu saya beberapa waktu terakhir.

Industri musik Indonesia sekarang lebih tepatnya 2 atau 3 tahun lalu punya mainan baru,yaitu RBT (ring back tones) --> sebagian provider mempunyai nama yang berbeda.

mainan baru ini cukup menghebohkan menurut saya. angka download terhadap lagu - kalau boleh di bilang lagu- yang cuma 30 detik itu fantastis! ada yang meng-klaim hingga jutaan download. lalu jadilah fenomena lagu 30 detik ini trend baru di industri musik Indonesia.

sampai beberapa bulan lalu saya masih menganggap mainan baru ini begitu menjanjikan. tapi kesini-sininya saya kok jadi ragu ya.

keraguan saya bukan tanpa sebab,tapi ada alasannya.

pernahkah kita memperhatikan kalau perlahan-lahan lagu 30 detik itu mulai ditinggalkan?

alasan saya yang pertama adalah beragamnya jenis lagu yang hadir di Indonesia. mau milih yang mana? bahkan tidak sedikit yang antara lagu-lagunya sama.

alasan keduanya adalah saya mencium bau kebosanan terhadap nada tunggu ini,karena kualitas suaranya yang g banget bagi beberapa lagu.

alasan ketiga dan menurut saya paling penting (setidaknya buat saya) adalah KEMAJUAN TEKNOLOGI HANDPHONE. pernahkah kita memperhatikan kalau dengan kemajuan teknologi sekarang orang di giring ke arah meminimalisir untuk telp?

BlackBerry mungkin jadi studi kasus saya pertama. Blackberry Messenger pada tau kan? apakah perlu untuk menelpon? tidak. dan itu artinya RBT tidak diperlukan.

Studi kasus saya yang kedua adalah Skype. fasilitas seperti YM ini juga memungkinkan kita melakukan telp tapi dengan harga yang lebih murah. selain telp kita juga masih bisa terkoneksi dengan rekan hanya via chatting. seperti layaknya YM. disini juga tidak di perlukan RBT. dan Skype sekarang menjamah iPhone sehingga sesama pengguna Skype bsa dengan leluasa telp-telpnan.

saya mungkin kasih alasan yang dangkal,tapi masuk akal kan?.

saya hanya berharap ada pemikiran yang lebih jauh jika di tanyakan, setelah RBT, what next?.

ada g ya kemungkinan orang pasa nada sambung pribadinya itu di Skype atau YM?

mudah2an ada yang dengar :)

0 comments:

Post a Comment

 

Labels

Like Disini Ya

Like di FB : Seven Music
There was an error in this gadget